Main Article Content

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 ini, banyak sekali masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu masalah yang dihadapi yaitu mengenai pembelajaran daring yang sekarang sedang di gerakan oleh pemerintah. Permasalahan yang utama dalam pembelajaran daring dimulai dari guru yang hanya memberikan tugas tanpa penjelasan yang jelas kepada siswanya, siswa yang tidak mempunya perangkat teknolologi seperti smartphone, tidak ada nya jaringan internet dan motivasi belajar siswa yang kurang dalam menghadapi pembelajaran daring ini. Program pelatihan dan pendampingan pembelajaran daring ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengolah materi pembelajaran dan meningkatkan kerjasama siswa dalam menghadapi pembelajaran daring. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Integrasi Relawan TIK , dimana dalam metode pelaksanaan nya menggunakan metode kombinasi, namun kegiatan offline lebih mendominasi dikarenakan pendampingan lebih efektif dilakukan dengan metode offline. Hasil yang dicapai yaitu dengan meningkatnya kemampuan guru dalam mengolah materi pembelajaran daring dan siswa dapat mengakses dan memahami materi dalam melaksanakan proses pembelajaran daring.

Article Details

How to Cite
Fitriani, L., Kurniawati, R., Hilmy, Z., Oktaviani , S., Nugraha, I., Maulana, R. S., Maryana, T., Pamungkas, M. I. I. S., Alamsyah, R., Nisa, Z. K., Nuriah, S., & Rosidin, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Daring Kepada Masyarakat Desa Cibunar di Era Covid-19. Jurnal PkM MIFTEK, 2(1), 1 - 7. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-1.876

References