Isi Artikel Utama

Abstrak

Situasi pertumbuhan kasus Covid-19 sangat cepat di Indonesia. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut menjadi salah satu solusi dalam upaya pencegahan karena sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit ini. Pencegahan yang dapat dilakukan berupa sosialisasi yang dilakukan dengan menerapkan etika batuk serta melalui perlindungan khusus yang dilakukan dengan cara menggunakan dan bagi bagi masker, membersihkan tangan dan social distancing. Pada masa pandemi covid-19 juga, setiap individu perlu menguasai bahwa literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern dan mengantisipasi penyebaran informasi negatif pada masa pandemi covid-19. Literasi digital akan menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis dan kreatif. Artikel ini hasil dari gerakan literasi digital yang dapat dilakukan pada masa pandemi covid-19 adalah gerakan literasi digital bagi pelajar dan masyarakat. Gerakan literasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan positif dalam menggunakan media digital dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini juga menawarkan konsep antisipasi berita hoaks pada masa pandemi covid-19. Literasi teknologi mencakup segala pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi, mulai dari mengenal perangkatnya, mengoperasikannya, mengolah dan mengkomunikasikan informasi sehingga masyarakat memiliki pengetahuan yang lebih baik akan hal tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Latifah, A., Waladiah, S., Hidayatullah, Y. P., Agustina, M. R., Elisa, R., & Awaludin, M. A. (2021). Sosialisasi Cegah Covid-19, Teknologi dan Literasi Digital Desa Mekarjaya. Jurnal PkM MIFTEK, 1(2), 86 - 93. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-2.86

Referensi

(2020). Retrieved from World Health Organization.
Nusantara, L. (2020). Literasi Digital: Pengertian, Tantangan, dan Peluang. https://literasinusantara.com/literasi-digital-pengertian-tantangan-dan-peluang/.
Putri, K. (2018). Retrieved from Teknologi.id.
Rahmadi, R. D. (2020). Pengertian Corona Vs Covid-19. https://www.tagar.id/pengertian-corona-vs-covid19.
Yusron. (2019). https:/belajargiat.id/teknologi/.