Main Article Content

Abstract

Belum semua guru di sekolah telah memanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara optimal. Hal tersebut terlihat dari hasil survei kepada guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kota Garut, di mana mayoritas guru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK kurang dari empat kali dalam satu bulan, dan belum sepenuhnya menguasai perangkat lunak presentasi. Padahal perangkat TIK dapat mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu diselenggarakan pelatihan yang dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang penggunaan perangkat TIK dalam proses pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan meliputi presentasi, demonstrasi, dan praktik. Materi yang disampaikan meliputi pembuatan media pembelajaran berbasis TIK dan teknik presentasi yang memanfaatkan TIK sebagai alat bantu. Berdasarkan hasil angket, mayoritas guru menganggap informasi yang diperolehnya dari pelatihan sangat bermanfaat, dan akan menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas.

Keywords

Guru Media Pembelajaran Presentasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Article Details

How to Cite
Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35 - 41. Retrieved from https://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/miftek/article/view/658

References