Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jadwal induk produksi dan kapasitas produksi pada PT. XYZ . Produk yang dibuat terdiri dari tiga jenis yaitu Produk pintu, kusen dan Pintu geser. Metode yang digunakan untuk penelitian ini manufacturing resousce planning (MRP II) mulain dari dari perencanaan aggregate sampai dengan jadwal induk Produksi dan perhitungan kapasitas produksi atau Rought cut capacity planning (RCCP). Hasil yang diperoleh adalah tersercanakannya jadwal induk produksi dan kapasitas produksi. Analisa dilakukan dengan membandingkan antara kapasitas yang dibutuhkan dalam perencanaan dan kapasitas tersedia diperoleh hasil kapasitas yang tersedia melebihi kapasitas yang dibutuhkan sehingga penyesuainan sumberdaya yang dimiliki. Mengetahui hasil dari perbandingan dari RCCP dengan kapasitas tersedia kemudian adanya perbaikan kapasitas tersedia untuk tidak melebihi kapasitas. dengan menggunakan metode perencanaan kapasitas produksi (RCCP) .

Rincian Artikel

Referensi

[1] I. Iksan, “Analisa Perencanaan Kapasitas Produksi Pada Pt. Muncul Abadi Dengan Metode Rough Cut Capacity Planning,” MATRIK (Jurnal Manaj. dan Tek., vol. 8, no. 2, p. 91, 2018, doi: 10.30587/matrik.v8i2.375.
[2] D. Aji, “Perencanaan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan konsumen dengan menggunakan metode rough cut capacity planning (rccp) didik khusna aji,” pp. 1–16.
[3] S. N. Meirizha, “Analisis Kelayakan Kapasitas Produksi dengan Metode RCCP ( Studi Kasus PT . Sewangi Sejati Luhur ),” kapasitas, vol. 5, pp. 49–54.
[4] S. Abbas, “Implementasi jadwal induk produksi pada pembuatan produk kaos di cv. succes makmur comoditi lawang – malang,” no. September 2017, pp. 60–64, 2018.
[5] A. Haider, J. Mirza, and W. Ahmad, “Lean capacity planning for tool room: An iterative system improvement approach,” Adv. Prod. Eng. Manag., vol. 10, no. 4, pp. 169–184, 2015, doi: 10.14743/apem2015.4.200.
[6] D. Kurniawan and T. Octavia, “Perencanaan Produksi dengan Mempertimbangkan Kapasitas Produksi pada CV . X,” vol. 5, no. 2, pp. 315–320, 2017.
[7] Y. Alrahman, K. Mustafa, and Y. Delvika, “Penerapan Metode Peramalan Produksi dan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dengan Metode Material Requirement Planning di PT . CJ Feed Medan Application of Production Forecasting Method and Planning of raw Material Requirement By Material Method Requirement Planning at PT . CJ Feed Medan PT . Cheil Jedang Feed Medan atau kepada perencanaan tentang kebutuhan Material Requirement Planning dengan,” vol. 1, no. November, pp. 88–96, 2017.