Main Article Content

Abstract

Dasar Penelitian memiliki tujuan mengaplikasikan satu metode peningkatan proses bisnis, yaitu Model-based and Integrated Process Improvement (MIPI), yang dikenalkan Sola Adesola dan Tim Baines. Metoda MIPI merupakan salah satu panduan yang terstruktur untuk meningkatkan proses bisnis. Dengan diterapkannya Metode MIPI dengan menggunakan permodelan IDEF0, diharapkan dapat memenuhi beberapa hal yaitu kepuasan konsumen, pencapaian efisiensi dan efektifitas bisnis
untuk dapat menang dalam persaingan pasar yang cukup tinggi. Metode MIPI dengan menggunakan permodelan IDEF0 akan memetakan proses “ As – Is “ untuk menggambarkan proses bisnis yang ada, yang kemudian terlihat akan ada perbaikan pada proses bisnis “ To – Be“. Pada akhir penelitian ini, dilakukan perbandingan sebelum dan sesudah impelementasi MIPI pada indikator kinerja operasional. Penelitian ini merupakan Studi kasus yang dilaksanakan pada perusahaan perakitan Car Seatbelt untuk mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan pasar gemuk bagi para produsen mobil di tanah air.

Keywords

Car Seat Belt, Kepuasan Pelanggan, Metode MIPI, Pemodelan IDEF0, Peningkatan Proses Bisnis.

Article Details