Main Article Content

Abstract

Komoditas pertanian sudah menjadi komoditas unggulan di Indonesia, namun dalam pemanfaatan komoditas pertanian belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara optimal khususnya dalam menggali peluang-peluang yang dapat meningkatkan nilai ekonomi disamping komoditas utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peluang peningkatan nilai ekonomi komoditas kopi pada setiap tahapan pengolahan komoditas kopi dengan menggunakan pendekatan model rantai nilai (value chain) yang dijadikan sebagai dasar penetapan strategi peningkatan nilai bisnis pada bisnis komoditas yang dilakukan pada setiap rantai nilai. Berdasarkan pada kebutuhan peningkatan nilai ekonomi pada komoditas kopi tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sehingga penetapan peluang peningkatan ekonomi didasarkan pada hasil survey serta dukungan penelitian awal yang telah dilakukan berbagai sumber data yang ada dengan memperhatikan perbandingan keuntungan pada masing-masing rantai nilai komoditas kopi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan peluang-peluang peningkatan ekonomi pada setiap rantai
nilai melalui pemanfaatan buah kopi pada setiap rantai nilai yang dilakukan pada saat penanaman tanaman kopi sampai pada tahapan pengolahan buah kopi sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi para pelaku usaha bisnis komoditas kopi. Adapun strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi pada setiap rantai nilai komoditas kopi, antara lain: merubah pola perilaku petani penggarap menjadi petani penjual (creative entrepreneur), strategi aliansi antara
petani dengan pengusaha, serta kebijakan/ dukungan yang dibutuhkan dalam upaya peningkatan kemampuan teknis petani dan pelaku usaha bisnis berbasis komoditas kopi

Keywords

Komoditas Kopi, Value Chain, Strategi.

Article Details