Isi Artikel Utama

Abstrak

Media sosial adalah salah satu media berkumpul manusia di seluruh dunia secara online untuk melakukan aktivitas sosial. Di dalam media sosial terdapat suatu pelaku yang memberikan jasa promosi, aktivitas tersebut biasa disebut endorsement yang dilakukan oleh endorser. Dalam proses pencarian endorser secara konvensional, pelanggan menemukan kesulitan dalam mencari endorser yang sesuai dengan produk dan kapasitas yang dimilikinya. Pembuatan katalog menjadi solusi dalam pencarian endorser yang sesuai dengan produk dan kapasitas pelanggan, dikarenakan di dalam katalog dapat memuat informasi mengenai data diri, harga dan kategori yang dilayani oleh endorser. Selain itu, terdapat masalah dalam melakukan transaksi jasa endorsement secara online, dikarenakan sering terjadi penipuan yang dilakukan oleh endorser ataupun pelanggan. Pembayaran pihak ketiga yang terdapat pada e-marketplace dapat meningkatkan keamanan dalam transaksi jasa endorsement. Pada penelitian ini menggunakan metodologi perancangan Sprint. Metodologi ini biasa digunakan untuk penelitian produk baru yang berorientasi kepada kepuasan pengguna. Pada proses penelitian menghasilkan beberapa keluaran seperti ide utama yang disajikan ke dalam pengguna journey mapping. Selanjutnya menghasilkan tujuan utama dari pembuatan aplikasi dan disajikan kepada business model canvas. Selanjutnya rancangan kasar 8 fitur aplikasi yang dibuat dalam waktu 8 menit atau disebut crazy 8’s. Selanjutnya menghasilkan gambaran dari proses berjalannya aplikasi atau disebut storyboard. Selanjutnya menghasilkan prototype aplikasi, dan yang terakhir menghasilkan informasi perbaikan dari hasil percobaan prototype untuk disajikan ke dalam aplikasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa endorser dan pelanggan dapat menggunakan aplikasi ini karena telah mengakomodasi keperluan mereka. Aplikasi ini dapat membantu endorser dalam mempromosikan produk, membantu pedagang sebagai pelanggan dalam mencari endorser yang sesuai dengan jenis usahanya.

Kata Kunci

Design Sprint E-marketplace Endorsement Katalog

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, A. D. Supriatna, dan Z. Hilmy, “Rancang Bangun Aplikasi Katalog dan Pemesanan Jasa Endorsement Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 173-181, Agu 2021.

Referensi

[1] A. R. Atmadja, “Studi Pengembangan Model Pengenalan Emosi Pada Teks Media Sosial,” J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 101–106, 2017, doi: 10.33364/algoritma/v.14-1.101.
[2] M. Zaki, “Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen,” J. Manaj. dan Inov., vol. 1, no. 2, pp. 14–23, 2018, doi: 10.15642/manova.v1i2.350.
[3] C. R. Butar Butar and D. S. Fithrah Ali, “Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti,” PRofesi humas J. Ilm. ilmu Hub. Masy., vol. 2, no. 2, p. 86, 2018, doi: 10.24198/prh.v2i2.12029.
[4] J. Michele, “Pengertian Endorse, Endorse Adalah,” kumparan, 2021. https://kumparan.com/sociabuzz-blog/pengertian-endorse-endorse-adalah/ (accessed Feb. 14, 2021).
[5] D. D. S. Fatimah, E. Satria, and F. Amirulloh, “Pengembangan Aplikasi Katalog Elektronik Untuk Membantu Masyarakat Mendapatkan Informasi Madrasah,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 208–214, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.208.
[6] C. S. Kalangie, “Bukan Artis atau Selebgram tapi Nyaris Kena Tipu Modus Endorsement,” kompasiana, 2019. https://www.kompasiana.com/chskalangie/5da6ce170d823063a9743932/bukan-artis-atau-selebgram-tapi-nyaris-kena-tipu-modus-endorsement (accessed Feb. 16, 2021).
[7] R. Setiawan, “Perancangan Elektronik Marketplace Event Organizer,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 247–254, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.247.
[8] S. Awwaabiin, “Payment Gateway: Metode Pembayaran untuk Bisnis Online,” niagahoster, 2020. https://www.niagahoster.co.id/blog/payment-gateway/ (accessed Feb. 14, 2021).
[9] R. Adawiyah, A. D. Supriatna, and R. Setiawan, “Pengembangan Aplikasi Katalog Elektronik Barbershop Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 52–59, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.52.
[10] B. Knapp, Jack; Zeratsky, John; Kowitz, SPRINT : 5 Hari Sukses Pecahkan Masalah dan Uji Ide Baru. New York: Penerbit Bentang, 2016.
[11] Google, “Design Sprint Methodology,” Google, 2021. https://designsprintkit.withgoogle.com/methodology/phase3-sketch (accessed Mar. 19, 2020).
[12] D. Endianingsih, “PERAN e-Catalogue DALAM PROSES PENGADAAN ELEKTRONIK,” J. Kalibr., vol. Vol. 13, no. 1, pp. 1–7, 2015, [Online]. Available: http://sttgarut.ac.id/jurnal/index.php/kalibrasi/article/view/129.