Isi Artikel Utama

Abstrak

PDAM merupakan perusahaan daerah yang menyuplai kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Dari beberapa pelanggan terdapat permasalahan yaitu  adanya selisih antara jumlah yang dibayarkan dengan pembacaan stand meter. Permasalahan itu diduga karena petugas tidak dapat melakukan pengecekan langsung yang disebabkan oleh  pelanggan tidak ada di tempat pada saat dilakukan pengukuran, di lain sisi petugas mempunyai keterbatasan waktu dan target pengecekan yang harus diselesaikan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah mengelompokan pelanggan berdasarkan wilayah dan klasifikasi pelanggan berdasarkan status peruntukannya serta petugas yang melakukan pengecekan stand meter. Selanjutnya menginformasikan hasil pengukuran secara transparan melalui teknologi online kepada pelanggan sebelum waktu pembayaran dilakukan sehingga tidak terjadi selisih antara PDAM dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini membuat solusi alternatif yaitu merancang sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan mengetahui informasi permbayaranya. Manfaat dibuatnya aplikasi ini untuk meningkatkan pelayanan PDAM terhadap pelanggan sehingga menghilangkan keluhan pelanggan terhadap adanya selesih antara pembacaan meter oleh pelanggan dengan tagihan pembayaran PDAM. Metodologi yang digunakan untuk merancang aplikasi adalah Rational Unified Process (RUP), Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh struktur menu dan interface yang menggambarkan proses bisnis yang sesungguhnya. kesimpulan dari penelitian ini adalah perancangan sistem aplikasi yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi karna disebabkan selisih pembacaan meter antara pelanggan dan petugas pdam.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. D. Supriatna dan A. Rizal, “Sistem Informasi Keluhan Pelanggan PDAM Kabupaten Garut Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 485 - 490, Feb 2021.

Referensi

[1] B. Sumantri and H. Parwiyanto, “Kualitas Pelayanan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sragen,” J. Wacana Publik, vol. 1, no. 1, pp. 11–24, 2020.
[2] H. Antonio and N. Safriadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika,” ELKHA, vol. 4, no. 2, 2012.
[3] Susliansyah, S. Susilowati, and R. R. Aria, “Implementasi Metode Rational Unified Process Penjualan Alat Telekomunikasi Berbasis Website,” Konf. Nas. Ilmu Sos. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 89–95, 2015.
[4] R. S. Pressmann, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset, 2002.
[5] S. Rizky, Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2011.