Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini khususnya pada teknologi augmented reality dapat menunjang media pembelajaran. Teknologi augmented reality yang diterapkan pada media pembelajaran dapat meminimalisir kejenuhan saat pembelajaran yang dirasakan oleh peserta didik karena media belajar yang ada masih berupa buku teks yang terpaku pada gambar atau tulisan saja. Dengan adanya media pembelajaran sistem pernapasan menggunakan teknologi augmented reality ini merupakan bentuk inovasi pembelajaran sebagai alternatif alat peraga edukatif. Aplikasi media pembelajaran ini memiliki fitur augmented reality yang dapat menampilkan sistem pernapasan dengan bentuk 3 dimensi pada layar smartphone dan terdapat teks berupa materi sistem pernapasan, gambar, audio, animasi demi terciptanya antusias peserta didik serta meningkatkan pemahaman tentang sistem pernapasan. Media pembelajaran ini mencakup materi tentang organ sistem pernapasan, mekanisme sistem pernapasan, penyakit pada organ sistem pernapasan dan cara menjaga kesehatan organ sistem pernapasan. Media pembelajaran ini dibangun dengan metodologi Research and Development yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implement, dan evaluation. Media pembelajaran ini diharapan dapat memudahkan peserta didik dalam pemahaman mata pelajaran ilmu pengetahuan alam tentang sistem pernapasan serta dapat membantu sebagai alternatif alat peraga edukatif yang meningkatkan minat, semangat belajar dan pemahaman peserta didik.

Keywords

augmented reality media pembelajaran peserta didik sistem pernapasan smartphone

Article Details

How to Cite
[1]
D. Tresnawati and M. F. Desfriansyah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Menggunakan Marker-Based Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, pp. 402 - 408, Feb. 2021.

References