Isi Artikel Utama

Abstrak

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi semua manusia karena tanpa kesehatan yang baik, maka manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Sehat secara fisik yaitu terbebas dari berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit kulit.  Informasi atau tingkat pengetahuan masyarakat mengenai obat tradisional masih minim karena terbatas hanya mengenai jamu karena itu supaya informasi mengenai tingkat pengetahuan masyarakat tentang obat tradisional meningkat, maka di buatlah informasi yang dikemas menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah merancang media pembelajaran berbasis android dengan fitur-fitur yang dapat menarik perhatian masyarakat mengenai informasi obat tradisional untuk penyakit kulit. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle. Adapun tahapan yang dilakukan pada metode ini adalah konsep, perancangan, pengumpulan data, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran berbasis android dengan materi Obat Tradisional Untuk Penyakit Kulit yang berisi fitur materi, kuis, game, tentang, backsound dan video, sehingga masyarakat dapat lebih tertarik dalam mempelajari konten yang disajikan serta lebih mudah memahami dan mengetahui informasi mengenai obat tradisional untuk penyakit kulit.


 


Kata Kunci Android, Media pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Obat tradisional.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. Latifah, A. D. Supriatna, dan K. Hawaari, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Obat Tradisional Untuk Penyakit Kulit Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 394 - 401, Feb 2021.

Referensi

[1] K. Makkasau, "Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp) Dalam Penentuan Prioritas Program Kesehatan (Studi Kasus Program Promosi Kesehatan)," jurnal teknik industri, vol. 07, pp. 105-112, 2012.
[2] M. G. Sadewo, A. P. Windarto, S. R. Andani and H. , "Pemanfaatan Algoritma Clushtering Dalam Mengelompokkan Jumlah Desa/Kelurahan Yang Memiliki Sarana Kesehatan Menurut Provinsi Dengan K-Means," Jurnal STIKOM Budidarma, pp. 124-131, 2017.
[3] A. U. Firmansyah, "Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Metode Backward Chaining," Journal of science and social research, pp. 68-73, Journal of science and social research.
[4] M. Ayu Nirmala Sari, "Antioksidan Alternatif Untuk Menangkal," Elkawnie: Journal of Islamic Science and Technology, vol. 01, 2015.
[5] D. Agustina, H. Mustafidah and M. R. Purbowati, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Akibat Infeksi Jamur," Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto, pp. 67-77, 2016.
[6] S. Y. Yulia Vera, "Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Dan Obat Tradisional Indonesia Untuk Pencegahan Dan Penanggulangan Penyakit Hipertensi Di Desa Salam Bue," urnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, vol. 8, pp. 11-14, 2020.
[7] R. K. S. Lusia Oktora, "Pemanfaatan Obat Tradisional Dengan Pertimbangan Manfaat Dan Keamanannya," Majalah Ilmu Kefarmasian, vol. 3, pp. 1-7, 2006.
[8] R. Pratiwi, F. A. Saputri and R. F. Nuwarda, "Tingkat Pengetahuan Dan Penggunaan Obat Tradisional Di Masyarakat: Studi Pendahuluan Pada Masyarakat Di Desa Hegarmanah, Jatinangor, Sumedang," Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, pp. 97-100, 2018.
[9] A. Adhayani and D. Tresnawati, "Pengembangan Sistem Multimedia Pembelajaran Iqro' Menggunakan Metode Luther," Jurnal Algoritma, pp. 264-270, 2015.
[10] D. V. S. Putri, A. Deddy and B. , "Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Berbasis Android," Jurnal Algoritma, pp. 323-331, 2016.
[11] R. A. Rahman and D. Tresnawati, "Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma, pp. 184-10, 2016.
[12] N. Fitriyani, D. Tresnawati and N. Hadiyanto, "Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android," Jurnal Algoritma, pp. 273-281, 2015.
[13] Y. I. Chandra, "Perancangan Aplikasi Resep Pengobatan Gangguan Pernapasan Dengan Tanaman Obat Menggunakan Pendekatan Agile Process Dengan Model Extreme Programming Berbasis Android," Seminar Nasional Serba Informatika, pp. 33-41, 2017.
[14] L. D. Brucles, R. Kurniawan and S. Adrianto, "Aplikasi Panduan Praktis Obat Herbal Untuk Penyakit Dalam Berbasis Platform Android," Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, pp. 40-46, 2018.
[15] I. Binanto, Multimedia Dasar Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: ANDI, 2010.
[16] A. G. Pradana and S. Nita, "Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android," Teknologi Humanis di Era Society 5.0, pp. 49-53, 2019.
[17] Y. Nuriyanti and D. Tresnawati, "Pengembangan Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android," Jurnal Sekolah Tinggi Tenologi Garut, 2015.