Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat banyak informasi yang di olah sedemikian rupa dan di kemas dengan beberapa media tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun media pembelajaran pengenalan HIV/AIDS berbasis android dan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu tahapan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, dan pengujian. Bahan-bahan yang dikumpulkan sumber nya yaitu dari dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat yang setiap tahun nya selalu meningkat dari tahun 2010 sampai 2016 HIV dan AIDS ini mencapai 1.689 sekitar 230% meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran pengenalan HIV/AIDS berbasis android yang menampilkan mengenai pengenalan HIV/AIDS, gejal-gejala yang ditimbulkan, cara penularan virus, bahaya dari penyakit HIV/AIDS dan pencegahan HIV/AIDS.
Rincian Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
Pengiriman naskah artikel oleh Penulis menyiratkan bahwa naskah yang diajukan publikasinya belum pernah dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak, atau sebagai bagian dari kuliah, atau skripsi/ tesis/ disertasi), dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain. Melalui pengiriman naskah artikel, Penulis dianggap telah menyetujui pemberian hak cipta publikasi artikel dimaksud. Hak cipta untuk penerbitan/ publikasi artikel diberikan pada jurnal yang diterbitkan Institut Teknologi Garut.
Referensi
[2] Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, “Kasus HIV di Jawa Barat Tahun 2016,” diskes.jabarprov.go.id, 2016. http://www.diskes.jabarprov.go.id/index.php/pages/detailparent/2019/324/Kasus-HIV-di-Jawa-Barat-Tahun-2016.
[3] D. Tresnawati and A. Fauzi, “Pengembangan Aplikasi Edukasi Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 298–304, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.298.
[4] Ridwan Arif Rahman, Dewi Tresnawati, and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., vol. 13, no. 1, p. 148, 1923, [Online]. Available: http://www.jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/view/323/300.
[5] H. Nupus, E. H. Hermaliani, and N. O. Syamsiah, “Rancangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenal Hiv / Aids Pada Materi Bimbingan,” J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. Vol. 1, no. No. 1, pp. 96–105, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/240/206.
[6] A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Massachusettes: Academic Press,Inc, 1994.
[7] A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
[8] I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi, 2010.