Isi Artikel Utama

Abstrak

koperasi yaitu organisasi yang beranggotakan sekelompok orang atau beberapa orang dengan acuan berdasarkan prinsip Koperasi dan sebagai memajukan ekonomi masyarakat yang berdasar atas kepercayaaan seluruh anggota. Tujuannya adalah memajukan bagi seluruh  anggota dann pada khususnya untuk orang banyak.. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat rancang bangun aplikasi pelaporan otomatis untuk Koprasi Simpan Pinjam berbasis web dimana nantinya setiap transaksi peminjaman yang ada akan dilaporkan otomats dan realtime,. Pada pengkajian ini memakai metodologi Rational Unified Process (RUP) versi Rosa Ariani Sukamto - M salahuddin dengan tahapannya yaitu Inception Elaboration, Concepton dan transition, aplikasi yang dibuat menggunakan mengguakan PHP, MySQL sebagai pengelolaan databasenya dan XAMPP sebagai web servicenya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Pelaporan Otomatis Berbasis Web, dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan user dengan adanya menu notifikasi yang memperlihatkan masa tennggang untuk pembayaran pinjaman. Aplikasi Koperasi Simpa Pinjam Laporan Otomatis ini dapat berguna bagi perkembangan ilmiah di bidang teknologi, dengan implementasi berbasis web dapat membatu user dalam megolah data simpan maupun pinjam.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Hamdan Sidik, Y. Septiana, dan D. D. Siti Fatimah, “Rancang Bangun Aplikasi Pelaporan Otomatis Untuk Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 1, hlm. 114 - 121, Agu 2020.

Referensi

[1] Albet, M., Ginta, P. W., & Sudarsono, A. (2014). Pembuatan Jendela Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya. Media Infotamasi.
[2] Triana, A. H., & Cahyana, R. (2015). pengembangan aplikasi pengelolaan keuagan untuk memenuhi kebutuhan unit simpan pinjam koprasi pegawai dokter slamet kabupaten garut. Jurnal algoritma.
[3] Hasyim, N., Hidayah, N. A., & Latisoro, S. W. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Berbasis Web Pada Koperasi Warga Baru Mts N 17 Jakarta. Jurnal Sistem Informasi.
[4] Isa, I. G., & Hartawan, G. P. (2017). Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web. Ilmiah Ilmu Ekonomi.
[5] Fatimah, Dini Destiani Siti; Supriatna, Asep Deddy; Kurniawati, Rina. (2018). Design of personnel information systems using rapid. MATEC Web of Conferences