Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan karakter itu sendiri menurut (Daryanto & Darmiatun 2013) adalah suatu sistem penerapan nilai-nilai moral pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan implementasi nilai-nilai tersebut, baik terhadap diri sendiri, sesama, lingkungan bangsa dan negara maupun Tuhan Yang Maha Esa, kebangsaan sehingga menjadi manusia yang memiliki nilai- nilai karakter yang mulia. Pada saat ini masih banyak masyarakat yang berperilaku tidak baik dan tidak menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem pakar pendidikan karakter bangsa secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah Expert System Development Life Cycle. Pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box dimana untuk mengetahui apakah sistem sudah sesuai dengan yang diharapkan dan menghasilkan serangkaian pengujian terhadap fungsi-fungsi yang ada pada sistem pakar tersebut seperti konsultasi, login, memasukkan data permasalahan pendidikan karakter bangsa dan lain sebagainya. Penelitian ini menghasilkan sistem pakar diagnosis permasalahan pendidikan karakter bangsa yang dapat melakukan diagnosis berdasarkan gejala yang dimasukkan oleh pengguna.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Dini Destiani Siti Fatimah, Noerbaeti Rosidah, dan Yeni Pariyatin, “Perancangan Sistem Pakar Pendidikan Karakter Bangsa Secara Online”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 428 - 436, Nov 2017.

Referensi

[1] S. Kusumadewi, Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
[2] D. &. Daryanto, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013.
[3] Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta.
[4] J. Durkin, Expert System Design and Development, New Jersey: Prentice Hall International Inc, 1994.