Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi penggajian di Sekolah Menengah Kejuru- an Islam Atturmudziyyah yang dapat membantu mempercepat dan memudahkan pengelolaan gaji guru atau pegawai khususnya menginformasikan data laporan gaji bulanan kepada Kepala Sekolah. Metode perancangan yang digunakan adalah rational unified process yang merupakan metodologi pengembangan sistem berbasis objek dengah tahapan meliputi :  inception, elaboration, construc- tion, dan transition. Pemodelan yang digunakan yaitu unified modeling language dengan diagram yang  digunakan  use  case  diagram,  activity  diagram,  sequence  diagram,  dan  class  diagram. Penelitian ini dibatasi hanya pada penggajian guru dan pegawai di sekolah tersebut dengan tahapan sampai pada fase transition pada metode perancangan perangkat lunak dan pengujian menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi penggajian di Sekolah Menengah Kejuru- an Islam Atturmudziyyah Garut ini memiliki fasilitas untuk pengolahan data gaji guru/pegawai dil- akukan secara otomatis. Semua data tersebut tersimpan dalam basis data yang akan memudahkan pengolahan data, pengambilan, penyimpanan, pencetakan laporan data guru/pegawai serta efesiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Sri Rahayu dan Mochammad Fajar Hadian, “Perancangan Aplikasi Penggajian Berbasis Web Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Atturmudziyyah Garut”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 410 - 419, Nov 2017.

Referensi

[1] A Susanto, Sistem Informasi Manajemen. Bandung, 2004.
[2] S Rahayu, "Perencanaan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework TOGAF," Jurnal Algoritma, 2015.
[3] P Krutchen, The Rational Unified Process.: Addison-Wesley Professional, 2003.