Isi Artikel Utama

Abstrak

Remaja sebagai kelompok umur terbesar struktur penduduk Indonesia yaitu 18 % dari jumlah penduduk Indonesia, merupakan fokus perhatian dan titik intervensi yang strategis bagi pembangunan sumber daya manusia. Langkah paling penting yang harus diambil adalah makin ditingkatkannya perhatian kepada remaja, terutama masalah kesehatan remaja. Cepatnya penambahan tinggi badan pada remaja serta perkembangan proporsi tubuh kadang-kadang membuat remaja merasa terlalu kurus atau kegemukan dan menimbulkan masalah kesehatan seperti masalah berat badan pada remaja dan masalah kesehatan lainnya. Sistem pakar adalah salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang mempelajari bagaimana cara meniru berfikir seorang pakar. Sistem pakar berbasis android pada perancangan ini merupakan sistem yang dapat membantu memudahkan masyarakat khususnya remaja untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang biasa terjadi pada remaja beserta solusi penanganannya. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem pakar yang dikemukakan oleh Durkin yaitu Expert System Development Life Cycle untuk mengumpulkan pengetahuan kepakaran dan metode pengembangan Rational Unified Process untuk pengembangan aplikasi dengan tahapan yang dilakukan yaitu tahapan insepsi, tahapan elaborasi, dan tahapan konstruksi. Penggabungan ini dilakukan karena pada metode pengembangan sistem pakar dalam tahap desain tidak memberikan penjelasan mengenai rancangan-rancangan desain yang memadai untuk membuat aplikasi berbasis android, sehingga harus menggunakan metode Rational Unified Process dalam proses pengembangan perangkat lunak. Metode inferensi yang digunakan dalam sistem pakar ini yaitu metode forward chaining. Metode pengujian yang dilakukan pada sistem pakar ini yaitu menggunakan metode pengujian black-box bersama seorang pakar. Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu telah berhasil membuat aplikasi sistem pakar untuk mendeteksi masalah kesehatan pada remaja berbasis android yang dapat melakukan diagnosis masalah kesehatan pada remaja berdasarkan gejala yang dialami dan memberikan hasil diagnosa berupa penyakit dan solusi yang harus dilakukan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Imam Sohibbulbet dan Dini Destiani Siti Fatimah, “Perancangan Sistem Pakar Masalah Kesehatan Remaja Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, hlm. 323 - 332, Okt 2017.

Referensi

[1] S. Soeroso, "Masalah Kesehatan Remaja," Sari Pediatri, vol. 3, no. 3, pp. 189-197, 2001.
[2] H. Aulawi, M. A. Ramdhani, C. Slamet, H. Ainissyifa and W. Darmalaksana, "Functional Need Analysis of Knowledge Portal Design in Higher Education Institution,"International Journal of Soft Computing, vol. 12, no. 2, pp. 132-141, 2017.
[3] C. Slamet, A. Rahman, M. A. Ramdhani and W. Darmalaksana, "Clustering the Verses of the Holy Qur'an using K-Means Algorithm," Asian Journal of Information Technology, vol. 15, no. 24, pp. 5159-5162, 2016.
[4] M. A. Ramdhani, Metodologi Penelitian dalam Riset Teknologi Informasi, Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013.
[5] Kusrini, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi, 2006.
[6] J. Martin and S. Oxman, Building Expert System a Tutorial, New Jersey: Prentice Hall Internacional Inc, 1998.
[7] S. Kusumadewi, Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
[8] T. Smith and S. Davidson, Dokter Di Rumah Anda, Jakarta: Dian Rakyat, 2005.
[9] M. A. Ramdhani, H. Aulawi, A. Ikhwana and Y. Mauluddin, "Model of Green Technology Adaptation in Small and Medium-Sized Tannery Industry," Journal of Engineering and Applied Sciences, vol. 12, no. 4, pp. 954-962, 2017.