Isi Artikel Utama

Abstrak

Keberhasilan sebuah perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan salah satu faktornya ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang bermutu dapat diidentifikasi melalui kepuasan pelanggan, yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Berdasarkan observasi dan wawancara di Sekolah Tinggi Teknologi Garut, perguruan tinggi ini sudah menerapkan aplikasi survei kepuasan mahasiswa namun masih berbasis offline sehingga menyebabkan adanya beberapa kendala yaitu dalam segi pengisian, mahasiswa berbondongbondong datang keruangan yang menyebabkan ruangan penuh dan sesak. Belum lagi banyaknya jumlah kuesioner yang harus diisi sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan menyebabkan antrian yang panjang. Maka berdasarkan pada permasalahan tersebut dibuat Aplikasi Survei Kepuasan Mahasiswa Berbasis Kuesioner Online, dimana dalam pengembangannya menggunakan metodologi Unified Approach yang meliputi tahapan Object Oriented Analysis, tahapan Object Oriented Design serta menggunakan Componen Based Development pada tahapan
Implementasi, dan untuk pemodelannya menggunakan Unified Modelling Language. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Survei Kepuasan Mahasiswa berbasis kuesioner online untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan proses pengisian survei sehingga mahasiswa bisa mengisi survei dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Dede Kurniadi dan Aisyah Fitri Islami, “Perancangan Aplikasi Survei Kepuasan Mahasiswa Berbasis Kuesioner Online”, Jurnal Algoritma, vol. 15, no. 2, hlm. 43 - 50, Sep 2018.

Referensi

[1] I. G. A. M. Srinadi dan D. P. E. Nilakusmawati, “Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa
Terhadap Pelayanan Fakultas sebagai Lembaga Pendidikan,” Cakrawala Pendidikan, vol. 3,
2008.
[2] D. Kurniadi, S. Sasmoko, H. L. H. S. Warnars dan F. L. Gaol, “Software size measurement of
student information terminal with use case point,” dalam 2017 IEEE International Conference
on Cybernetics and Computational Intelligence (CyberneticsCom), 2017.
[3] Y. Septiana, D. Kurniadi, A. Mulyani dan W. Baswardono, “Design of decision support system
for blood analysis,” MATEC Web of Conferences, vol. 197, p. 03018, 2018.
[4] A. Mulyani dan D. Kurniadi, “Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal
(S-IT) dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Jurnal Wawasan Ilmiah,
vol. 7, no. 12, 2015.
[5] D. Kurniadi dan A. Mulyani, “Implementasi Pengembangan Student Information Terminal (SIT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa,” Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, 2016.
[6] S. P. Indriyani dan D. Kurniadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Unit Sistem
Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut Berbasis Web dan Android,” Jurnal Algoritma, vol.
14, no. 2, 2017.
[7] Y. Nuryana dan A. Mulyani, “Pengembangan Aplikasi Pengendalian Skripsi Berbasis Android
Untuk Mahasiswa Dan Dosen,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, 2017.
[8] R. Setiawan dan A. Mulyani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa
Seni Dan Budaya Sekolah Tinggi Teknologi Garut,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, 2017.
[9] M. Solihin dan D. Kurniadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Parkir Sekolah Tinggi
Teknologi Garut,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, 2017.
[10] A. S. Nurjanah dan D. Kurniadi, “Sistem Informasi Pengelolaan Izin Praktek Kerja Lapangan
Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Secara Online di STT Garut,” Jurnal Algoritma, vol. 14,
no. 2, 2017.
[11] D. A. Anugrah dan D. Kurniadi, “Rancang Bangun Aplikasi e-Library Berbasis Web Dengan
Teknologi Responsive,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, 2017.
[12] R. Rohimah dan A. D. Supriatna, “Pengembangan Aplikasi Daftar Keluhan Pelanggan Internet
di PT. Rahajasa Media Internet (Cabang Garut),” Jurnal Algoritma, vol. 12, no. 1, 2015.
[13] A. Kusumah dan R. Cahyana, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Service Level
Agreemeent Berbasis Online,” Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1, 2016.
[14] R. Wardan dan D. Kurniadi, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis
Android,” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, 2017.
[15] A. Ardiansyah, “Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Solidaritas Warga Rumah
Susun Penjaringan Sari Rungkut Surabaya,” Doctoral dissertation, 2010.
[16] I. Ikhsan, “Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen, Dan Pelayanan Karyawan
Terhadap Penjaminan Mutu Internal Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bima-NTB,” Doctoral dissertation, 2013.
[17] I. A. Fauzi dan A. Mulyani, “Perancangan Sistem Informasi Kuliner Di Brother Caffe Berbasis
Web,” Jurnal Algoritma, vol. 2, no. 14, pp. 258-265.
[18] N. Syabandhi dan A. Mulyani, “Pengembangan Aplikasi Pelayanan Administrasi
Kependudukan Di Kantor Kelurahan Pataruman Kabupaten Garut,” Jurnal Algoritma, vol. 13,
no. 1, 2016.