Isi Artikel Utama

Abstrak

Teknologi informasi saat ini telah berkembang serta mulai mengarah pada penggunaan dua piranti untuk bertukar data tanpa memerlukan kabel untuk mentransmisikan data atau disebut dengan istilah wireless. Bidang industri perfilman di indonesia adalah bagian sektor yang selalu memproduksi karya – karya seni perfilman, yang diproduksi baik dalam negeri ataupun luar negeri yang memiliki kualitas serta dapat menyediakan hiburan bagi masyarakat. Saat ini masyarakat masih memiliki kesulitan dalam melakukan pemesanan tiket serta kurang informasi mengenai jadwal tayang film dan informasi ketersediaan kursi. Bioskop sangat erat kaitannya dengan proses pemesanan, pembelian, dimana setiap konsumen dapat memesan tiket dimana saja tanpa harus mengantri di loket.peneliti membuat sistem reservasi tiket online dengan menggunakan metode RAD. Metodologi yang digunakan dalam proses membangun aplikasi ini menggunakan RAD (Rapid Application Development) dengan Unified Modelling Language pemodelan yang memiliki beberapa tahapan yaitu : model analisis, model perancangan, dan model penerapan. Dalam tahapan – tahapan tersebut mendapatkan visualisasi dalam bentuk sequence, usecase, activity diagram. Dengan dirancang bangun pembuatan aplikasi sistem informasi reservasi tiket berbasis android diharapkan dapat
mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dalam melakukan pembelian tiket secara online, informasi jadwal film serta informasi ketersediaan kursi secara efektif dan efisien.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Dwipa Handayani, Hendarman, dan Wiwiet Yuliana Putri, “Sistem Informasi Reservasi Tiket Bioskop Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 73 - 78, Sep 2019.

Referensi

[1] pengertian-reservasi. (2018, 06 23). Diambil kembali dari http://www.definisimenurutparaahli.com
[2] bioskop. (2018, 06 24). Diambil kembali dari https://kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/bioskop
[3] Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
[4] Aritonang, S.Kom.& Satyaputra, M.Sc, A. (2016). Let's Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[5] Winarno, E., Zaki, A., & Community, S. (2014). S.T., M.Eng. Dalam Pemograman Web Berbasis HTML5, PHP, & JavaScript. Jakarta: PT. Elex Media Komputing .
[6] Shalahddin, M., & Sukamto, A. R. (2014). Rekaya Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
[7] Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: ANDI.
[8] Yudhanto, Y., & Wijayanto, A. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[9] Sofyan S. Kom, M. (2015). 5 Proyek Populer SMS Gateway. Jakarta: Pt. elex Media Komputindo.
[10] Suryana, D. (2018). Android Studio : Belajar Android Studio. Bandung.