Isi Artikel Utama

Abstrak

Masyarakat desa Babakan sebagaimana desa lainnya menghadapi permasalahan sampah yang ditimbulkan oleh perilaku masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Perilaku tersebut sangat mudah ditiru oleh anak. Sedari dini anak harus diajarkan cara pengelolaan sampah kering dan basah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melaksanakan pengajaran kepada siswa di tiga Taman Kanak-Kanan yang berada di wilayah desa Babakan. Kegiatan dilaksanakan dengan ceramah, simulasi, dan pemberian tempat sampah. Dalam pelaksanaannya siswa dapat menjelaskan dan berhasil memilah antara sampah kering dan basah, serta membuangnya pada tempat sampah sesuai peruntukannya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fuadah, F., Hotmaida, L., Alvida, E., & Priskila, A. (2020). Penyuluhan Pemilahan Sampah Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Di Desa Babakan Ciparay Bandung. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 47 - 50. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-1.47

Referensi

Astuti, S. P., Ristiawan, A., Ulya, A. U., Purwono, P., & Purnasari, N. (2019). Pengenalan Literasi Sampah Pada Anak-Anak Melalui Video Dan Permainan. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 3(2), 129-133.

Dessy, P., Anwar, I. C., Maarifudin, S., & Arisandi, V. (2019). EDUKASI KESEHATAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH, SERTA PENGELOLAAN SAMPAH PADA ANAK–ANAK SD NEGERI KEMPONG. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 179-184.

Pratiwi, D. (2016). Pengenalan Pengolahan Sampah Untuk Anak-Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Media Banner. BIOEDUKASI, 7(1).