IDENTIFIKASI PENCAPAIAN KINERJA PERUSAHAAN PT. PINDAD (PERSERO) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MALCOLM BALDRIGE

Rizky Arnenda, Andri Ikhwana

Sari


Penelitian ini berupa pengukuran mengenai kesiapan perusahaan dalam menghadapi pengukuran kinerja sistem manajemen mutu yang telah diterapkan perusahaan yaitu sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2001 dengan menggunakan metoda Malcom Baldrige. Untuk mengetahui sejauh mana pencapaian dari keberhasilan sistem manajemen mutu di PT.Pindad, maka dilakukan pengukuran tahap pertama dari Malcolm Baldrige yaitu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pencapaian sistem manajemen mutu dengan melihat sejauh mana organisasi melibatkan karyawan dalam menjalankan operasinya. Hasil pengukuran langkah pertama ini pada metoda Malcolm Baldrige menunjukan bahwa Divisi Mesin Industri dan Jasa pada PT.Pindad masih memerlukan perbaikan untuk melakukan pengukuran kinerja sistem manajemen. Divisi Mesin Industri dan Jasa baru cukup baik dalam hal pendekatan (Approach) terhadap sistem manajemen yang ada, sedangkan Penerapan (Deployment), Pembelajaran (Learning), dan Keterpaduan (Integrate) masih memerlukan perbaikan. Manfaat hasil penelitian ini bagi perusahaan yaitu memberikan gambaran mengenai pencapaian keberhasilan penerapan sistem manajemen kualitas yaitu ISO 9001 : 2001 yang telah diterapkan perusahaan dan mengetahui dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat atau mendukung keberhasilan dari pencapaian sistem manajemen tersebut. Serta memberikan gambaran awal dari Divisi Mesin Industri dan Jasa pada PT.Pindad untuk melakukan pengukuran kinerja sistem manajemen dengan menggunakan metoda Malcolm Baldrige.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.