Isi Artikel Utama

Abstrak

Proses pendaftaran yang berjalan terdapat beberapa kendala diantaranya yaitu proses pendaftaran yang masih dilakukan secara manual berupa tulis tangan, sehingga ketika dilakukannya rekapitulasi data dibutuhkan waktu yang cukup lama.  Solusinya adalah dengan penggunaan teknologi informasi.  Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi pendaftaran di Pendidikan anak usia dini yang dapat membantu mempermudah proses pendaftaran tanpa dibatasi oleh watu dan tempat.  Metode yang diterapkan pada penelitian kali ini adalah Rational Unified Process yang terbagi kepada empat tahap yaitu inception, elaboration, construction dan transition.  Metode untuk pemodelan yang diterapkan adalah unified modeling language dengan penggunaan diagram use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Pada penelitian saat ini hanya dibatasi pada pendaftaran dan informasi mengenai sekolah.  Kesimpulan untuk hasil daripada penelitian ini telah dibuat berupa sistem informasi pendaftaran online di Pendidikan anak usia dini yang dapat mempermudah proses pelayanan pendaftaran sehingga proses pendaftaran lebih mudah  tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.

Rincian Artikel

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

garut
Cara Mengutip
[1]
S. Barokah, A. D. Supriatna, dan D. D. Siti Fatimah, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran di Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 16, no. 2, hlm. 234 - 238, Des 2019.

Referensi

[1] S. Santika, P. Muljono and I. Hermadi, "Efektivitas Penerapan Aplikasi Web 2.0 Untuk Meningkatkan Pembelajaran Organisasi Di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia," Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol. 16 No. 1, 2019.

[2] W. Gunawan, E. Rakhmat and T. R. Nidayan, "Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Web Pada SDN Ciwedus Kec. Kasemen Kota Serang," Jurnal Of Innovation And Future Technology (IFTECH), 2019.

[3] B. A. Dini and A. , "Implementasi Waterfall Method Pada Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Dengan Dukungan SMS Gateway Di SMPIT Insan Kamil," Jurnal Informatika SIMANTIK Vol.3 No.2, p. 36, 2018.

[4] A. D. Supriatna and N. Sherin, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil di Dealer Lung Ma Motor," Jurnal Algoritma Vol. 14 No. 2, p. 177, 2017.

[5] C. Suhendar and D. Destiani, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis WEB," Jurnal Algoritma Vol. 1 No. 12, 2015.

[6] L. Fitriani, "Perencanaan Sistem Informasi Administrasi di Pendidikan Anak Usia Dini," Jurnal Algoritma Vol. 15 No. 2, 2018.