Main Article Content

Abstract

SMK YPPT Garut adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah kejuruan yang sudah memiliki SMS Gateway, yaitu sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima SMS. Bentuk layanan yang diberikana ialah berupa informasi nilai hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) yang merupakan nilai akhir yang diperoleh oleh kelas XII setelah mengikuti Ujian Nasional dan merupakan penentu lulus atau tidaknya siswa dalam Ujian Nasional. Selain itu, sebagai sekolah yang memiliki Rencana Kerja Sekolah (RKS) yaitu ingin menjadikan SMK YPPT Garut menjadi sekolah bertaraf internasional maka penerapan teknologi pun harus dalam segala bidang, terutama dalam pelayanan akademik atau disebut dengan sistem informasi akademik dengan media SMS Gateway. Oleh karena itu diperlukan pengembangan SMS Gateway yang ada di SMK YPPT Garut agar memberikan dampak positif pada kemajuan penerapan teknologi dan pelayanan kepada orang tua atau wali siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan SMS Gateway yang menyediakan layanan informasi pengumuman.
Work Breakdown Structure (WBS) digunakan untuk menggambarkan alur proyek dari awal sampai selesai dan dapat digunakan sebagai metodologi untuk menganalisis dan menggambangkan pada pengembangan fitur upload pada streaming server Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
Berdasarkan kepada hasil pembahasan dan kesimpulan yang dilakukan terhadap pengembangan sms gateway yang ada di SMK YPPT Garut, SMS Gateway yang dikembangkan berjalan sesuai dengan keinginan pengelola karena mampu mengirim pesan berdasarkan subkelas yang dipilih

Article Details

How to Cite
[1]
I. Mulyani, E. Satria, and A. D. Supriatna, “Pengembangan Short Message Service (SMS) Gateway Layanan Informasi Akademik Di SMK YPPT Garut”, algoritma, vol. 9, no. 2, pp. 389-397, May 2013.