Isi Artikel Utama

Abstrak

Pada tugas akhir ini akan dilakukan pemodelan sistem informasi Perpustakaan. Latarbelakang dari sistem informasi Perpustakaan adalah sulitnya petugas bagian administrasi dalam mengolah data perpustakaan  yang mengakomodasi peminjaman, buku, pengembalian dan membuat laporan yang membutuhkan banyak waktu. Adapun tujuan dari model sistem ini adalah memodelkan  sebuah sistem informasi Perpustakaan yang berbasis komputer dengan menggunakan metode waterfall  dan sistem informasi perpustakaan ini, untuk membantu petugas dalam menghadapi kendala yang dihadapi dalam melakukan transaksi,  sehingga dengan adanya sistem informasi tersebut diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan Perpustakaan.
Dalam pemodelan sistem informasi perpustakaan ini menggunakan metode konvensional yaitu Traditional waterfall, dewitz 19962) yang terdiri dari tahapan-tahapan  Mengidentifikasi Masalah, Peluang dan Tujuan, Menetukan Syarat-Syarat, Menganalisis Kebutuhan Sistem, Merancang Sistem yang direkomendasikan, Mengembangkan dan Mendokumentasikan Perangkat Lunak serta menggunakan Flowmap atau Flowchart, Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk memodelkan kebutuhan sistem.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. M. Rubianto, L. Nurwandi, dan E. Gunadhi, “Pemodelan Sistem Informasi Perustakaan Mengunakan Metode Pengembangan Traditional Waterfall (Studi Kasus Di SMAN 8 Garut)”, Jurnal Algoritma, vol. 9, no. 2, hlm. 294-299, Mar 2013.