Main Article Content

Abstract

Sistem penggajian yang  sedang berjalan di PT. Abadi 123 sekarang ini belum efektif dan masih menggunakan arsip sebagai media penyimpanannya sehingga dalam menghitung tunjangan, bonus, pajak, potongan asuransi, menghitung gaji pegawai yang statusnya koordinator lapangan dan pegawai kontrak sulit dilakukan dan menyita waktu yang cukup lama, sehingga dapat memperlambat dalam pemberian gaji dan pembuatan laporan.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diterapkannya sistem penggajian berbasis komputer yang dapat membantu dalam proses pemberian gaji terhadap pegawai yaitu dengan dibuatkannya program aplikasi penggajian.
Metodologi yang digunakan dalam perancangan program aplikasi ini mengadopsi metodologi waterfall, adapun hasil yang didapat dari perancangan program aplikasi penggajian ini antara lain memudahkan bagian keuangan dalam mengelola data pegawai, penghitungan bukti penagihan (tul-01), penghitungan data pelunasan, perhitungan gaji, dan proses pembuatan laporan, selain itu juga program aplikasi ini dapat mempermudah dalam menghitung gaji pegawai yang statusnya koordinator lapangan dan pegawai kontrak, serta akan mempermudah dalam menghitung tunjangan, bonus, pajak dan potongan asuransi.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. C. Ramdani, E. Retnadi, and R. Kurniawati, “Perancangan Program Aplikasi Penggajian Petugas Pemutusan Dan Penyambungan Listrik Di PT Abadi 123”, algoritma, vol. 9, no. 1, pp. 9-20, Oct. 2012.