Main Article Content

Abstract

MAN Pameungpeuk Garut merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan sebuah teknologi IT. Sistem pembelajaran yang ada di MAN Pameungpeuk Garut sudah berjalan cukup baik tetapi keadaan kelas saat belajar mengajar biasanya kurang nyaman dan membuat siswa kurang konsentrasi dengan materi yang diberikan oleh guru. Terkadang siswa juga enggan bertanya kepada guru maupun siswa lainnya dikelas karena malu. Masalah lain muncul saat guru yang ingin memonitoring siswanya saat ia sedang tidak dapat hadir disekolah. Oleh karena itu, perancangan aplikasi web Kelas Online berbasis Learning Management System (LMS) diharapkan nantinya dapat dikembangkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Metode LMS dipilih untuk membuat materi sekolah online dan mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya. LMS berfungsi untuk menyimpan, mengelola dan mendistribusikan berbagai material pelatihan dan ujian yang telah disiapkan. Metode analisis perangkat lunak yang digunakan adalah metode orientasi objek dengan alat pemodelan yang digunakan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Metodologi penelitian yang digunakan dalam menyusun tugas akhir ini adalah Web Information System Development Methodologi (WISDM).

Article Details

How to Cite
[1]
S. Mawardi, E. Satria, and D. Tresnawati, “PERANCANGAN WEB KELAS ONLINE DENGAN METODOLOGI WISDM BERBASIS LEARNING MANAJEMENT SYSTEM DI MAN PAMEUNGPEUK”, algoritma, vol. 9, no. 2, pp. 307-313, Mar. 2013.