Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengemukakan tentang perancangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran PKN untuk penyandang tuna rungu berbasis multimedia (Studi kasus di Kelas VII SMPLB Negeri Garut Kota). Dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan dalam hal pendengaran, menerima informasi dalam pemahaman materi pelajaran sekolah, keterbatasan tersebut menyebabkan kesulitan bagi guru dalam penyampaian materi yang bersifat abstrak khususnya pada mata pelajaran PKN di SMPLB kelas VII SLB Negeri Garut Kota. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah perangkat lunak media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai alat bantu guru dalam penyampaian isi materi mata pelajaran PKN untuk kelas VII di SLB Negeri Garut kota. Metode yang digunakan pada perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan multimedia menurut luther (1994) yang dilakukan dalam 6 tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Perangkat lunak ini dibuat dengan mennggunakan tools Adobe Flash CS 3, Adobe Photoshop, Adobe Audition, Adobe After effect, CorelDraw dan Adobe Premiere
Rincian Artikel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
Pengiriman naskah artikel oleh Penulis menyiratkan bahwa naskah yang diajukan publikasinya belum pernah dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak, atau sebagai bagian dari kuliah, atau skripsi/ tesis/ disertasi), dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain. Melalui pengiriman naskah artikel, Penulis dianggap telah menyetujui pemberian hak cipta publikasi artikel dimaksud. Hak cipta untuk penerbitan/ publikasi artikel diberikan pada jurnal yang diterbitkan Institut Teknologi Garut.
Cara Mengutip
[1]
Y. Pariyatin dan Y. Z. Ashari, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PKN UNTUK PENYANDANG TUNARUNGU BERBASIS MULTIMEDIA (Studi kasus di Kelas VII SMPLB Negeri Garut Kota)”, Jurnal Algoritma, vol. 11, no. 1, hlm. 1-9, Jul 2014.